Blog

25 Oct 2019

Cara Mengolah Bijih Plastik Menjadi Produk Dari Plastik Yang Bagus


Plastic molding sendiri adalah sebuah metode yang digunakan untuk membentuk suatu produk yang sering kita gunakan setiap harinya. Biasanya material yang dipakai pada proses ini adalah material termoplastik. Alasan kenapa menggunakan material termoplastik ini dikarenakan material ini dapat meleleh dengan baik dan dapat dikeraskan hingga menjadi sebuah produk yang kita inginkan. Material ini juga memiliki beberapa kelebihan sehingga banyak digunakan untuk pembuatan berbagai material yang sering kita butuhkan. Kita kerap sekali menggunakan handphone, kipas angin, piring, dan berbagai produk lainnya yang semuanya terbuat dari bahan plastik.

Cara mengolah plastic molding juga boleh asal-asalan. Hal ini dikarenakan jika diolah pada suhu atau temperatur yang tidak tepat maka akan menimbulkan kecacatan pada produk sehingga produk yang anda bikin tidak akan terjual. Material ini harus di panaskan pada temperatur yang pas, jika terlalu rendah, maka material tidak akan meleleh, sedangkan jika terlalu tinggi suhunya maka akan menimbulkan garis-garis flash atau blurr yang mengakibatkan produk anda mengalami keretakan bahkan yang terburuk produk anda akan ikut terbakar.

Plastic molding memiliki proses pembuatan yang sedikit rumit. Dimulai dengan mengumpulkan butiran atau bubuk termoplastik ke dalam sebuah hopper yang kemudian akan turun dengan otomatis ke dalam bareel. Selanjutnya bubuk tersebut akan dilelehkan oleh sebuah pemanas yang terdapat dalam bareel tersebut. Jika termoplastik sudah meleleh maka selanjutnya akan diinjeksikan oleh mesin injeksi dan dari mesin injeksi kemudian produk akan didinginkan dengan air. Jika sudah dingin, maka produk anda akan mengeras dan produk akan siap untuk digunakan. Pada proses pencetakannya, biasanya terdapat beberapa pilihan atau metode yang dapat anda gunakan untuk mencetak. Anda bisa memilih sesuai dengan bentuk yang anda inginkan.

Plastic molding juga dapat anda beri warna jika nada menginginkannya. Namun, proses pemberian warna dapat anda lakukan setelah produk sudah selesai anda buat. Atau anda juga dapat menggunakan bijih termoplastik yang sudah berwarna sehingga produk yang nantinya anda hasilkan sudah memiliki warna sesuai dengan yang anda inginkan.

BACK

Blog Lainnya

Dapatkan Koleksi Lengkap Produk Plastik Lucky Star